Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah Pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri bersama Steve Wozniak Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, Ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Machintos.


Steven Paul Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, dan menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware.

Dilahirkan di San Fransisco oleh Ibunya Joanne Simpson dan Ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai Novelis.

Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu Ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan atau drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.

Di musim gugur tahun 1974, Steven Paul Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan "Homebrew Computer Club" dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama. Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India (biksu). Selama masa ini ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas Salju- ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.

Di tahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I. Komputer itu dijual dengan harga AS$666.66, sebagai referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak's Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan tantangan, "Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?" (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world?) Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar.

Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Machintos, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Machintos membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.

Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.

Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, "artis tulen membuahkan hasil," (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya dia tercatat di buku Guinness World Records sebagai "pemimpin perusahaan dengan gaji terendah" (Lowest Paid Chief Executive Officer). Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Saat ini penghasilannya di Apple adalah AS$219 juta, menurut sebuah artikel yang ditulis di situs Bloomberg di tahun 2003.

Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Machintos mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.

Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

Sumber : kolom-biografi.blogspot.com


Related Post :

54 responses to "Steven Paul Jobs"

  1. Steven Paul Jobs pasti jenius banget ya.
    Review mantap dan keren.

    Ivan Kavalera

  2. wowowoow... keyeen bro...
    nicepost... dapat bahan dri mana ni?

    Wisata Riau

  3. Info mantap. Thanks sharenya ya sobat.

    ellysuryani

  4. infonya komplit banget nih sob... thanks ya...

    albertus goentoer tjahjadi

  5. Infonya lengkap dan mantap...memang perjalan org sukses patut dijadikan pelajaran buat kita utk mengapai sukses juga..btw mengenai perfect money katanya skrg hanya support ama blog yg berdomain saya pun udah gak dibyr lagi..coba cek di google ya..(maaf saya menjawab komentnya disini)

    Dinoe

  6. Pendiri Apple, mereka bekerja super serius dan betul-betul terprogram dengan sesempurna mungkin sehingga kelihatan sekali hasilnya mendunia. Adapaun bagi yang tidak sesuai dengan misi perusahaan mereka berani mendepaknya. Salut kadang, dimana kepentingan perusahaan disamakan dengan kepentingan banyak pihak, pelanggan buruh dan yang lainnya.
    Saluut sama penulisnya yang detil menceritakannya. Terima kasih sekali. Salam :)

    arkasala

  7. Saya kembali dapat jejak tokoh seorang tokoh IT.
    Makasih sobat.

    FATAMORGANA

  8. wahhh... infonya lengkap bangettt... emang keren produk2 dari apple :)

    maap nih baru mampir2 lagi :)

    Lyla

  9. jadi dia yg punya pixar dan apple?! sadiiiss.. hehe.

    Andie

  10. cerita sukses seseorang memang patur kita jadikan contoh, tapi yang saya heran mengapa orang2 seperti ini selalu datang dari bunue erofa kenapa nggak ada yang dari asia khusus indonesia

    Unknown

  11. kok ya ada orang sepintar steven, linus, lalu siapa lagi ach.... busyet dah kalau aq dikasih kepintaran seperti itu pasti udah stress aq..... hahahahaha

    aq cuma bisa buat cerita ajah ach, gak bisa buat program2 komputer meski kuliah di T.Inform.... xixixixi

    vie_three

  12. Memberikan arti bagi diri ini! Sukses ya bro!

    Ronaldo Rozalino

  13. keren gans..
    makasih infonnya
    semoga bsa jadi motivasi..

    aldrix

  14. hello..
    my first comment..
    dont moved my comment.. alright ??
    thanks

    auto cars area

  15. http://www.reviewme.com/

    http://www.buyblogreviews.com/welcome.php?id=922701 (ref)

    http://www.blogsvertise.com/?rid=b27078 (ref)

    http://www.sponsoredreviews.com/?aid=54761 (ref)

    roomen

  16. bused, biografinya lengkap banget sampe setahun tahunnya ada, duhh

    hmm.. ut paid review uda keliatan terwakili sama post diatas. rata2 si memang itu aja :P

    mocca_chi

  17. Pixar rupanya milik Mac
    Pantesan bagus
    Grafik Mac emang bagus

    Attayaya

  18. Kelihatan kalo beliau pinter dan cerdas, salut.

    Lala

  19. hm... kenapa ga bikin postingan hasil sendiri dengan penafsiran dan kata2 sendiri? sayah yakin, dikau pasti bisa!

    Ratusya

  20. mampir lagi...nih

    rizal

  21. setelah job dibuat, dikirim ke sponsored review.
    km login, trus buka job nya, ikuti lgkh2nya. nanti klo ada URL, km isi URL postingan km. trus OK

    roomen

  22. Biasanya BV approve 1 hari ajah...

    PRof

  23. info mantap nih
    baru tau soal si paul ini XD
    nice post
    salam kenal ya

    Clara Canceriana

  24. 1 blog bs iikutkan bnyk review. kalo mau tau ada job di sponsoredreview, liat aja di sidebar kiri ada tulisan "Jobs In Progress (0)" klo nol brarti g ada. tp klo 1 ato 2 dst brarti ada. tp jg aakan dikirim email klo ada job.o iya lebh baik alexanya diturunkan lg aja :)

    roomen

  25. terimasih sahabat atas tambahan ilmunya

    Sohra Rusdi

  26. Thanks infonya....happy weekend..

    Sudinotakim

  27. Makasih infonya. lengkap banget.
    Laporan, dah di link Pak embun :)

    anazkia

  28. wah blog dan infonya baus tenan ,,,,

    s'lam kenal ya ...

    ivenx oyz

  29. kok blom update?

    Ratusya

  30. hehehhehehehe.. mampir aaaah..

    KangBoed

  31. menyapa sahabatku.. maaf lama enda mampir ke sini

    KangBoed

  32. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    KangBoed

  33. malming di ajo

    attayaya

  34. anjrit... andai ini berbayar kang... mangstabs :p

    genial

  35. Kunjungan ketempat sahabat...met bermalam minggu ya..salam buat keluarganya..

    Dinoe

  36. Wah, aku baru tau tuh!
    Aduh ketinggalan banget ya.
    Salam akrab, sobat....

    Bahauddin Amyasi

  37. hehee tambahan referensi buat saya terima kasih infonya

    elistadyon

  38. keren oi reviewnya... oom steve keren banget ya perjuangannya :)

    kak_ega_punya cerita

  39. km daftar dimana dulu? tiap broker review sistemnya beda2

    roomen

  40. Thanks infonya ya..
    kalo disini selalu ada info baru

    Unknown

  41. sponsoredreview uda diterima? klo ud km BID, sistemnya sponsoredreview itu BID (tawar harga), klo uda BID, tinggal tunggu BIDnya diterima ato gak. kalo blogsvertise nunggu job. klo uda dpt lgsg aja dibuat jobnya :)

    roomen

  42. Lapor komandan ?? Postingannya penuh inspirasi dan motivasi nih.. makasih ya..

    Saung Web

  43. Hai sobat makasih infonya nih.. linknya dah lama saya pasang nih.. di linkback ya..

    Saung Link

  44. Blog kamu udah saya taruh di Link & Friend. Minta izin untuk saya follow ya. Thanks. Semoga persahabatan kita tambah erat....
    Amin...

    Bahauddin Amyasi

  45. wo... keren euy, hehe inspiratif.

    oiya, linknya udah terpasang, bisa diliat di book contactku

    makasih pak. :)

    neilhoja

  46. pagiiiiii

    attayaya

  47. reviewnya manteb gan....
    btw, dapet referensi dari mana???
    he he

    Mas Adi

  48. biografi yang lengkapz banget, dan nice review ^_^

    ilmu inspirasi air

  49. jangn marah lah,,
    sorry aq lpa trus,,,
    lain kali aq g akan lp..
    ok...

    alfi

  50. pingin bertemu nih orang dan bilang: "Pak, minta iPhone nya satu dong...."
    hahahahahahahahahahaaa

    Elsa

  51. yuhuuuuuuuuuuuuuuuu

    attayaya

  52. Wah hebat bgt ya nih orang. Thanks infonya sob.
    Oya, boleh aja sob kalo mau tukeran link tp pasang link SlideGossip dulu ya disini nanti baru Opung pasang balik. Thanks

    Opung

  53. thanks buat infonya

    sewa mobil murah

  54. terima kasih artikelnya....

    e-lyricsmode.blogspot.com

Leave a Reply