Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

Beberapa tips yang akan kita lakukan disini akan banyak bermain di registry windows, jadi sebelum ngutak ngatik Windows anda, backup! backup! backup! backup! dan backup! data dan registry anda, kesalahan masukin registry membuat anda tidak bisa masuk ke Windows, sehingga dengan begitu anda malah nemuin masalah, anggaplah backup jalan pulang, jadi kalau tersesat anda tau jalan pulang mau kemana.

1. Reset Icon Cache. Kalau anda mulai merasa setiap kali anda browse ke start menu semakin hari semakin lambat ini bisa di pastikan icon cache pada windows mengalami penumpukan, seiring dengan install dan unistall aplikasi membuat banyak icon cache yang tersimpan di windows menjadi corrupt atau menumpuk dengan ikon yang lama.

Solusinya:
Delete file IconCache.db pada profile windows anda (profile windows anda terletak di C:/Documents and Settings/Username/Local Settings/Application Data)
Kill Indexing Service. Indexing service ini tugasnya adalah mencari dan mengindeks file file tertentu yang ada di komputer anda, dia berjalan di background, tujuanya adalah kalau suatu saat anda akan mencari file maka dengan ada indexing ini aman mempercepat kerja proses pencarian anda, tapi haruskah anda berkorban untuk
menurunkan performance anda untuk ini ?

Solusinya:
Klik Start masuk ke run ketik services.msc, lalu enter, Cari Indexing Service, Klik kanan dan pilih Properties, dan set Startup Type ke Manual.
Atau: Hapus Indexing Service melalui Add/Remove Windows Components button, dan uncheck Indexing Service.

2. Penghapusan File Yang Tidak Berguna/File Sampah.
Ada Beberapa Tempat Berkumpul nya File sampah
Btw Sebelum Mencari Letak File ini Tolong Show kan Folder yang Terhidden Soalnya File-file ini di sembunyikan oleh windows.
a. C:/Documents and Settings/Username/Local Settings/Temp
b. C:/Documents and Settings/Username/Local Settings/History
c. C:/Documents and Settings/Username/Local Settings/Temporary Internet Files
d. C:/Documents and Settings/Username /cookies
e. C:/Windows/Temp
Atau Anda bisa Menggunakan Aplikasi System Mechanic


3. Speed up Explorer windows. Kalau anda sering merasa setiap kali windows explorer dibuka sering terjadi lagging untuk memview ikon ikon foldernya, dan selalu keliatan ikon proses nya maka anda perlu melakukan sesuatu

Solusi:
Pada Windows Explorer masuk ke Folder Options dari Tools. Klik Tab View
dan uncheck Automatically Search For Network Folders And Printers.

4. Speed up Explorer Detailed View. Kalau di Windows Explorer yang modus Detail viewnya terdapat headings yang ngga penting seperti “Pages” atau “Bit Rate,” menyebabkan windows haru mencari informasi pada file tersebut dan mempopulasikanya, sehingga ini akan memakan waktu yang cukup lama

Solusi:
Matikan header yang tidak dibutuhkan dengan dengan right-clicki pada column header dan uncheck kolom yang tidak di inginkan. Membuat menu lebih faster (atau slower). ini kayaknya kacangan tapi worth juga lo, untuk nyepet nyepetin proses start menu.

Solusi:
Masuk ke regedit, lalu masuk ke key HKEY_CURRENT_USER\CONTROLPANEL\Desktop\ dan masuk ke key MenuShow-Delay dan rubah valuenya ke 40. Speed up folder access dengan mendisable Last Access Date. Tiap kali windows akses file, dia akan melakukan proses update files kapan terakhir file ini di update, nah proses semacam itu tentunya akan memakan waktu, kalau anda ngga butuh informasi kapan file ini terakhir di akses anda bisa disable feature ini.

Solusi:
Masuk ke regedit
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CURRENTCONTROLSET\CONTROL\FileSystem
Buat key baru:
Right-click pada right pane windows, pilih New, click DWORD Value. Buatlah new DWORD Value dengan nama NtfsDisableLastAccessUpdate; lalu Modify valuenya ke angka 1.

5. Kurangi CPU usage pada saat Seleksi AVI files. Hal ini mirip dengan Explorer detailed View, pada saat kita memilih beberapa file AVI di explorer maka Explorer akan menghitung panjang dan lebar masing masing ukurang video yang diselec, malangnya informasi file avi ini kalau filenya corrupt akan menyebabkan windows hang dan menggunakan resource nya 100%, karena informasi ini terletak di header framenya video tersebut, oke langsung saja kalau gitu

Solusi:
Masuk ke Regedit
HKEY_CLASSES ROOT\SYSTEMFILEASSOCIATIONS\AVI\SHELLEX\PropertyHandler
Cari Value ini:
{87D62D94-71B3-4b9a-489-5FE6850DC73E} dan hapus, kalau ngga ada berarti udah terhapus (karna ini bagian dari hotfixnya windows)

6. Speed up shutting down. Pada saat kita shut down windows, kita melihat bahwa windows coba untuk mematikan program yang sedang berjalan 1 per satu, walaupun ini keliatanya normal, namun kalau ada program yang rewel mengakibatkan windows jadi hang dan stuck untuk mematikan program itu, akhirnya windows ngga jadi shutdown.

Solusi:
Masuk ke Regedit
Ganti HKEY_CURRENT_USER\CONTROL PANEL\DESKTOP\
WaitToKillAppTimeout Dari 20000 ke 1000;
Ganti HKEY_CURRENT_USER\CONTROL PANEL\DESKTOP\
HungAppTimeout dari 5000 ke 1000;Ganti
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CURRENTCONTROLSET\
CONTROL\WaitToKillServiceTimeout dari 20000 ke 1000;
dan Ganti HKEY_USERS\.DEFAULT\CONTROL PANEL\DESKTOP\
WaitToKillAppTimeout dari 20000 ke 1000.

7. Reloading Registry tampa harus restarting. Kadang kita suka modif2 registry, dan yang buat kita males ngedit registry adalah kita bisa liat epek nya kalau udah restart, gimana caranya untuk baypass ini ?

Solusi:
Tekan CTRL-ALT-DEL dan masuk ke tab process, dan cari program yang bernama EXPLORER.Exe dan endtask tu program, akibatnya kita kehilangan bar windows kita, Lalu tekan CTRL-ALT-DEL lagi dan sekarang klik file, dan pilih new task, dan ketik explorer, welcome back!.Disable automatic media speed sensing pada network cards. Ini mungkin jarang terjadi, tapi pada saat ini terjadi lumayan juga lo bikin windows nge lag dikit, dan ngga kerasa, apalagi kalau terhubung network, ini bakalan lebih kerasa lambatnya.

Solusi:
Klik kanan di myComputer, pilih properties, masuk ke device manager, dan masuk ke properties ethernet cardnya, sensing nya rubah jangan di auto tapi langung aja ke full duplek 100mbps.

8. Memilih Adjust Performance, Masuknya di sini adalah kita memilih windows kita bekerja tampa memikir kan grafik atau sebagainya tetapi yang di pentingkan oleh window adalah Adjust Perfomance adalah Kecepatan Membaca data atau Membuka Suatu Aplikasi.
Berikut Langkahnya:
a. Klik Kanan Menu My Computer
b. Klik Properties
c. Klik Advanced
d. Klik Perfomance (Setting)
e. Klik Adjust Performance

Related Post :

4 responses to "Tips Speed Up Pada WinXp"

  1. Yap.. lumayan lah buat win xp rada ngacir dikit.

    Anonymous

  2. sebetulnya msh banyak settingan yg mesti di matikan di services.msc jika kompi kita hanya utk sekedar penggunaan standard / non jaringan.
    Ayo bung laksamana di bahas.... biar tambah oke tips na.. :)

    Anonymous

  3. Tips yang oke banget!

    nuansa pena

  4. Sudah kupraktekkan dan ada perubahan semakin cepat, trims!

    nuansa pena

Leave a Reply