Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

Protokol Jaringan adalah aturan-aturan yang digunakan dalam jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. Yang di atur adalah : Topologi/Bentuk Fisik Jaringan, Kabel yang di gunakan, dan Kecepatan transfernya. Berikut adalah Jenis-Jenis dari Protocol Jaringan :


1. Ethernet

Protokol Ethernet paling banyak di gunakan dalam sistem jaringan. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Ethernet bekerja dengan memperhatikan network atau jaringan sebelum di lakukan transformasi atau transmisi data . Apabila jalur masih sibuk maka akan dia akan menunggu melakukkan pengiriman data hingga jalur bersih dari data.

Topologi : Topologi BUS dan Topologi Star
Kabel : Coaxial, Fiber Optic dan Twisted Pair
Kecepatan : 10 Mbps.

2. Local Talk

Local Talk merupakan protokol jaringan dengan menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Local Talk di Populerkan oleh Machintos atau Apple Computer. Protocol Local Talk bekerja dengan menghindari dari tabrakan saat pengiriman data. Adapter Local Talk dan Kabel Twisted Pair khusus di gunakan dalam jaringan ini melalui serial port.

Topologi : Topologi Bus
Kabel : Twisted Pair
Kecepatan : 230 Kbps

3. Token Ring

Protokol Token Ring di populerkan oleh IBM pada tahun 1980. Metode akses protokol Token Ring adalah melalui sebuah Token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari satu komputer menuju ke komputer lainnya. Jika pada persinggahan di salah satu komputer terdapat data yang ingin ditransmisikan, Token akan mengirimkan data ke tempat yang di inginkan tersebut. Selanjutnya, Token bergerak untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.


Topologi : Topologi Star
Kabel : Twisted Pair dan Fiber Optic
Kecepatan : 4 Mbps - 11 Mbps

4. FDDI (Fiber Distributted Data Interface)

FDDI merupakan protokol jaringan dengan metode akses model Token. FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh. Topologi ini bentuknya sama dengan Token Ring tetapi menggunakan 2 buah ring. Dengan Maksud apabila ring 1 ada masalah maka secara otomatis akan berpindah ke ring 2.

Topologi : Topologi Star
Kabel : Fiber Optic
Kecepatan : 100 Mbps

Dari ke empat macam Protocol di atas, Protocol yang paling populer atau berkembang adalah Protocol Ethernet karena Protocol Ethernet Cara Instalasi nya yang mudah dan Alat yang di pergunakan mudah untuk di cari di pasaran.


Related Post :

90 responses to "Protokol Jaringan"

  1. trimakasih infonya.... sangat berguna bagi saya yang ingin mempelajari tentang jaringan.... thanks om...

    RanggaGoBloG

  2. masuk ke blog ini....
    serasa masuk ke dunia yang lain kang...
    karena ini kerjaannya orang IT banget,
    sedangkan aku... cuma kuli aja hikkss

    makasih inponya, aku akan belajar untuk mengerti

    yangputri

  3. walau gak ngerti tetap ngasih komentar disini :D

    rental mobil

  4. satu lagi tips yang bermanfaat.....tips tentang jaringan ya?ajarin juga cara seting winbox dan billing dong...kan jaringan selain di pakai di perkantoran,kampus,sekolah, juga di warnet...bener ga?thanks infonya

    Blogger Admin

  5. Info mantap sobat. Thanks atas sharenya.

    ellysuryani

  6. Mantap infonya bang...benar2 menambah wawasan tentang dunia IT

    Dinoe

  7. Oke banget infonya, saya pernah disarankan teman untuk belajar jaringan! Lumayan gak jauh-jauh dapat dari sini!

    edi

  8. waahh,,bahan kuliah neh sob,,ntar bljar2 dr sini jg lah,sklian praktek di kampus..,,thanx sob,,emg tau ajj loh kbtuhan gw yg baru mengenal dunia maya ini,plagi dlam jaringan,trus terang saya byak blajar dr blog ini..

    sukses trus bwt postingannya sob...

    yopyrinaldi

  9. artikel tentang protokol jaringan yang begitu mantap pak terimakasih sudah membaginya

    Berpikir Positif

  10. Penting untuk mencoba memahami jaringan ini Mas. Kebetulan saya ada beberapa referensi yang tidak saya pahami, semoga dengan membaca ini saya akan melengkapinya. Trims Mas. Ijin saya print ya !!!
    Salam

    arkasala

  11. waqduh kang,,
    q agak susah nih nyerna persoalan jaringan..hehhee

    Yanuar Catur

  12. wah.. nicepost..... thanks informasinya...
    lanjutkan.... keep blogging...

    Wisata Riau | Pekanbaru Riau

  13. sangat spesifik penjelasannya, walau aku kurang ngeh dengan hal seperti ini dengan membaca artikel ini aku merasa memahaminya paling tidak istilah2 yang disampaikan.
    thank bro...

    rizal

  14. Wow... nice info nih, sangat berguna buat saya yg memang gaptek, hahaha... makasih Sob

    Kang Sugeng

  15. yah alhamdulillah juga lah mas..
    klo bsa jangan ikutan cuma 1 paid review aja..masih banyak paid review yang lain..mungkin akan dibahas di blog nanti.. eheheh.. tetep semangat dan optimis !!

    eh ya. thanks buat info protokolnya.bsa buat bahan skulah ne..

    aldrix

  16. great stuff howdy
    I like to reading here
    so, Im waiting for you next post !!

    www.emoote.com

  17. mana yang biasanya dipake di warnet, topologi bus ya...?

    secangkir teh dan sekerat roti

  18. bsa di coba,,,

    aziz miring

  19. salam sejahtera
    akhirnya muncul artikel baru
    artikel protokolnya hebat
    sukses selalu

    7 taman langiit

  20. kalo topografi jaringan model star dan ring udah ga kepake lagi ya?

    attayaya

  21. thank bos,, jd tau byk niy mengenai jaringan

    hidup untuk berbagi

  22. ini yg namanya kuliah it.... literatur yg dibutuhin mahasiswa...yaa kan pak dosenn? hehe sotoy ye aku,,,

    ducky

  23. Nice info bang...kunjungan persahabatan...

    Dinoe

  24. halo-halo kawan....mampir kembali...blogwalking :)

    Blogger Admin

  25. waw.. rumit banget ya tentang jaringan...?!

    Ratusya

  26. keren nih...soalna aku mau buka warnt ni

    boedak betuah

  27. hmmm... aku makin ngerti nih... bukan makin ngerti bahasannya, tapi makin ngerti kalo ilmu IT itu emang susah hahaha....

    zujoe

  28. pingsan aku belajar postingan ini..
    gak ngerti
    he..he

    Unknown

  29. mantappppppp
    besok minggu jam 2 ditunggu di food court mp

    attayaya

  30. ooo gitu ya mas...
    tapi saya masih bingung soal jaringan ne...
    btw, terimakasih artikelnya...

    Berry Devanda

  31. Wah kebetulan nih.. sob.. mesti di print untuk dipelajari oleh oerator di kantornih...

    Saung Web

  32. jadi makin binguuuuuuuuuung...
    sama sekali gak ngerti.
    hikss

    Elsa

  33. penjelasannya ok kang.. saya save dulu buat referensi.. thanks keep blogging

    warung informasi

  34. Kebetulan sy guru tik brother tp untuk smp jadi dasar banget ilmunya

    Munir ardi

  35. JAringan....NOL Besar pengetahuanku tentangnya...makasih tuk pembelajarannya...

    PRof

  36. komplit banget nih penjelasannya. mkasih ya bro

    kharis sulistiyono

  37. mantab gambar topology nya sob

    elyas

  38. ntuh kabelnya dah pakek fo yaa friends

    Anak Nelayan

  39. Sungguh, kamu pinter banget sobat...
    Ajari aku d0ng! Hehehe...

    Bahauddin Amyasi

  40. mampir nih, pie kabare nan limo :lol:

    Belajar SEO WordPress

  41. Ditempat aku... masih pake topologi star.
    Udah ketinggalan nggak yah??
    makasih banyak sudah berbagi.

    Seti@wan Dirgant@Ra

  42. Datang lagi komandan... belum update nih..???

    Saung Web

  43. great posting bro
    infonya membantu..
    hahahaha

    Anonymous

  44. wah, nambah ilmu hardware lagi nih di sini :)

    sibaho way

  45. bw abis kopdaran

    attayaya

  46. Karna aku gak ngerti soal jaringan, jadi aku numpang istirahat aja ya... mau lanjut BW lagi nih Mbun.. hehehe.. Tetap semangat berbagi

    bang FIKO

  47. numpang lewat ajah, aku ga mudeng soal jaringan begini hiiii

    mocca_chi

  48. wah lagi belajar nich makasih kang....

    MFLAZHER

  49. ada yg mau bakar mobil di taon baru

    attayaya

  50. semakin meyakinkan bahwa diriku gaptek soalnya yang kayak gini nggak ngerti hehehehe

    suwung

  51. salam sejahtera
    ternyata saya banyak ketinggalan informasi ya
    tapi jujur saya tidak mengerti dengan wacana ini

    Pelakon Takdir

  52. Baca lagi, biar ngerti sedetil-detilnya!

    nuansa pena

  53. info yang sangat bermanfaat sobat... thanks ya...

    albertus goentoer tjahjadi

  54. urusan jaringan seperti ini memang rumit, tapi membuat wawasan saya bertambah.

    Mamah Aline

  55. aduuhh...ga ngerti banyak ttg IT, jadi dateng kesini absen aja yach..:(

    Zahra Lathifa

  56. kunjungan balik

    travel surabaya jember

  57. Met malam kang....nice info...

    Sudinotakim

  58. lagi ditunggu ni pak postingan terbarunya,,,,

    boedak betuah

  59. informasi yang berguna sekali buat saya...selamat tahun baru dan sukses terus yah..

    devianty

  60. Ijin copy, buat pribadi!

    nuansa pena

  61. wah terima kasih artikelnya buat tugas kuliah..

    Ayu Tri

  62. topology nya manteb mas

    Anak Nelayan

  63. terima kasih artikelnya bosss

    elyas ngeblog

  64. tukeran link boleh boss

    elyas ngeblog

  65. met taon baru
    semoga tahun depan lebih baik

    attayaya

  66. Info yg luar biasa.

    Linknya sudah saya add di blog link ,terimakasih atas doanya.

    ateh75

  67. maaf bang laksamana saya baru tahu anda juga bertuah

    Sohra Rusdi

  68. Hiks, aku ga paham ginian :( tapi bolehlah buat nambah wawasan.
    Maaf lama ga setor komen disini hehehe

    Lala

  69. Selamat tahun baru 2010.
    Semoga keadaannya akan lebih baik dari tahun2 sebelumnya dan tetap semangat...Amin

    Saung Web

  70. Kunjungan di tahun baru.. untuk ngucapin
    Happy New Years 2010 .. good luck for you

    Saung Link

  71. berkunjung di awal tahun yang baru... met taon baru sobat... makin sukses dan tercapai apa yang diinginkan...

    albertus goentoer tjahjadi

  72. kren boz tmplatenya....

    alfi

  73. Selamat Tahun Baru Mas.
    Saya selalu menghargai hasil kreatifitas seseorang. Saya suka sekali pilihan warna birunya. Hanya ketika saya bikin template buat leysbook yang sekarang saya pake ada yang mengkritik saya kalo terasa sempit karena lahan buat konten yang terang dikelilingi oleh backround yang gelap.
    Kebetulan nasib kita sama. Mas Laksamana menggunakan backround gelap dan saya membenarkan kondisinya terasa agak menyempit.
    Itu mungkin sedikit catatan saya Mas.
    Semoga di tahun ini langkah kita akan semakin baik.
    Maaf baru posting tidak langsung BW tapi langsung tidur jadi gak sempat kemari.
    Salam hangat selalu sahabatku :)

    arkasala

  74. belajar banyak ya disini.. :)

    selamat taon baru sob!

    secangkir teh dan sekerat roti

  75. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dan memudahkan segala urusan kita. Tahun 2009 sudah meninggalkan kita dan tahun 2010 kita awali dengan niat dan doa serta berharap kehidupan kita kian lebih baik lagi. Amin...

    Penampilan baru...
    Tambah Elegant dengan loading yang ngacir.
    mantap sobat.
    tetaplah berbagi artikel IT yang sangat dibutuhkan.

    Seti@wan Dirgant@Ra

  76. Wah rumah baru kang...keren kang...loadingnya pun bagus..

    Sudinotakim

  77. Blog baru dengan penampilan minimalis dan aksesnya juga cepat, memudahkan saya komentar disini, ada yang kurang new post nya mana?
    Semangat dan Sukses untuk Anda!

    nuansa pena

  78. lebih ringan dan tampilannya begitu kelihatan profesional

    Sohra Rusdi

  79. Ini templatenya baru ya..?
    Keren lho..!
    Ohya, aku bawakan award nih.. bisa diambil di The Others ya...
    Thanks...

    reni judhanto

  80. ditahun yang baru dengan wajah baru...

    nice templte bozZ,,lebih ringan dan frezz..
    n_n
    sukses trus..
    n_~

    yopyrinaldi

  81. bagus baju barunya mas...
    ini konversi ke WP ya?
    gmana caranya mas?

    Berry Devanda

  82. Mantap seX pencerahan nya sob..

    andro_simar

  83. terimakasih atas infonya. membantu banget buat tugas kuliah

    Nita

  84. thanks buat infonya

    sewa mobil

  85. thanks buat infonya

    sewa mobil

  86. thx banget nih atas infonya jadi bisa buat laporan deh, hehehe :)

    momi

  87. thanks buat infonya

    sewa mobil

  88. thanks buat infonya

    sewa mobil

  89. thanks buat infonya

    rental mobil di surabaya

  90. \m/

    Griya Pustaka Ilmu

Leave a Reply