Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

E-mailE-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB

E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP


Related Post :

74 responses to "Apa itu Email?"

  1. walah Cak, aku cuma Punya satu Email itupun ngga keurus *boong haha..

    E-mail surat elektronik, kok baru tau ya *pura pura :P

    met Sore Cak Embun hahah, ketularan Pakde Atta hehe

    Inuel^-^

  2. ehem inuel neh duluaan hihhihih

    ranny

  3. keknya mengganggu neehh :D
    diriku punya imel di gmail,yahoo..dah itu aja cukup hihihhi

    ranny

  4. Mas ada tutorial email server di windows server 2003 biar bisa email2an lokal.. nuhun...

    Dangduter dofollow

  5. aduuh, lama gak maen kesini mas jadi kangen ama suasananya..oh ya ada bagi bagi domain gratis ne silahkan kalau mau ikutan.. tak jamin sampeyan pasti bisa menang ..
    malah promosi ya. maaf *

    bagi bagi domain gratis

  6. Selalu ada materi pembelajaran tentang IT disini,... Makasih banyak sobat.

    Seti@wan Dirgant@Ra

  7. Makasih kang infonya...jadi nambah pengetahuan lagi disini

    Dinoe

  8. baru tahu niy...thank info...

    salam,
    tfd

    Tour, Food, and Health

  9. Baru tau nich sob tentang SMTP/POP
    Makasih untuk sharingnya...

    Rock

  10. Membaca artikel di atas menjadikanku sadar bahwa pengertahuanku tentang email ternyata masih sangat sedikit. Terimakasih share infonya, Bapak Laksamana Embun.

    ivan kavalera

  11. Jadi tahu tentang macamnya email, trims!

    nuances pen

  12. embun.....
    maaf baru mampir
    cuma mau bilang
    selamat yah jadi pemenang
    makin semangat ngeblog nya yah..
    ehheheh

    bintang

  13. Ternyata selama ini saya gak tahu perbedaan jenis email.
    hihihihi

    alamendah

  14. tahunya cuman buat terus pakai....

    alamendah biru

  15. Dulu aku masih suka pakai email tapi sekarang lebih suka nulis di inbox FB... hehehe
    Maklum aja buka Fb lebih sering daripada bukan email... ^_^

    catatan kecilku

  16. Lho... ternyata email itu ada beberapa jenis to?

    the others

  17. paham paham jadinya :)

    secangkir teh dan sekerat roti

  18. wa tahunya cuman yang berbasis web neh, yang satunya baru tau he.

    achen

  19. makasih neh mas, jadi sedikit pintar.. :-)

    buwel

  20. Aku bukan email berbasis POP
    tapi berbasis Ayam POP..
    hehehe

    Pis!

    Itik Bali

  21. Email saya banjir pesan masuk

    fansbook

  22. email saya semua berbasis wab sahabat, terimakasih untuk penambahan ilmunya

    Munir Ardi

  23. Wah emailku juga cuma buat login-login ajah nih, ga pernah aku manfaatin buat yg lain, ceck mail aja jarang, mesti suami yg rajin ceckmailku..

    Lilah

  24. met pagi cak embun
    dah kirim imel ke surabaya?

    attayaya

  25. Selama ini hanya menggunakan saja fasilitas eml tsbt...baru tau semua hal tentang email yg telah di jabarkan di atas

    Thanks banget atas info bermanfaatnya

    Osi

  26. hmmmm... mbaca sambil manggut-manggut, begitu ya ternyata, detail bngt penjelasannya, Mbun..

    Kang Sugeng

  27. hmmmm... mbaca sambil manggut-manggut, begitu ya ternyata, detail bngt penjelasannya, Mbun..

    Kang Sugeng

  28. Wahhh udah jadi CAK EMBUN toh? Berangkat ke Solo terus Surabaya nampaknya nih... Wakakakakakaka... Mantaf...
    *komenku koq bukan ngebahas imel ya?

    bang FIKO

  29. Imel anak mana mas, cakep nggak..? he...he. Mantap nih infonya...jadi tahu dikit2 tentang imel...

    Salam hangat & sukses selalu...

    Noor's blog (inside of me )

  30. Kasihan Cak Embun ini..
    banyak sekali setan bergentayangan kasih komen gak nyambung
    (termasuk aku):D

    Itik Bali

  31. Makasih infonya sobat,salam kenal.

    Anton

  32. hhe, aku cuma punya email berbasis web, dan dari smp email say yg aktif cuma satu

    antaresa

  33. secara detil bagaimana itu email saya baru tahu dari artikel ini. selama ini tahunya hanya menggunakan saja.
    Trims Mas,
    Salam hangat selalu :)

    yayat38

  34. mantap mas...
    saya dulu pernah belajar ms.exchange kalau nggak salah yang berhubungan dengan email yang berbasis smtp kalau tidak salah, cuma sekilas aja...hee..he..

    makasih sherenya...

    oh ya linknya udah dipasang sori kemaren lupa...link kau jangan lupa ya he...he...

    rizal

  35. dengan doa sobat akhirnya saya selamat sampai di rumah sekarang untuk membaca artikel email ini lagi

    munir ardi

  36. Iya, saya juga baru tau jenis di poin satu. Ternyata email hadir dalam berbagai bentuk ya.. duh gaptek bener saya ^_^

    Darin

  37. E-mail POPku error :(

    ajeng

  38. email pengertiannya elektronik mail ya ? atau disebut juga sebagai surat elektronik yang dengan cepat kita mengirimkan pesan instant. benar ga' ya ?? maklum sob.. ga' ngerti tentang yang gitu2an. hehe

    Imoel

  39. email yang paling sering diurusin cuma yang di yahoo doang, itu juga paling sering seminggu sekali dibukanya, hehehe... :p

    Yolizz

  40. tetap setia ama yahoo

    munir ardi

  41. hm.. btw, imel itu bahasa indonesianya surel ya?! baru tauu euy

    quinie

  42. salam sejahtera ternyata email banyak macannya sahabat terimakasih aku jadi tahu sekarang

    7 taman langit

  43. email email he he hehe :)

    multibusiness

  44. sering pake email tapi nggak ngerti..untung bisa baca disini

    nietha

  45. Alhamdulillah Berkat Rahmat Allah SWT..

    Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Saya, Adik-adik serta kawan-kawan personel CS Band telah merampungkan Hit Single lagu CS Band yang berjudul Salahkah Aku, dengan ARANSEMEN YANG LEBIH BAIK DAN DENGAN MUSIK YANG LEBIH BERWARNA JIKA DIBANDINGKAN DENGAN ARANSEMEN AWAL....SOMOGA SAHABAT MENIKMATI...selamat mendengarkan..jgn lupa Unduh ya...

    Willyo Alsyah P. Isman

  46. saya cuma punya satu email berbasis web aja

    Mamah Aline

  47. met pagi Cak Embun :D, kapan ke Solonya wkwkwkw.. *panas panas dah lo :-P, sekalian hakhak

    inuel

  48. Imelku banyak....sampai2 ada yang kelupaan id dan passwordnya..:D

    PRof

  49. manggut manggut aja, ntah apa ntu pengertian dasar POP wkwkwk

    mocca_chi

  50. saya datang lagi :)

    secangkir teh dan sekerat roti

  51. Cocok bwat pembeljaran IT nih disini .. keren .. *
    Kunjungan pertama . Saya follow yah sob .. salam kenal .. )

    Abdul hafizh

  52. piye khabare ne cak?
    apik ae tho

    attayaya

  53. Oh ya sob,, tukeran link yuuk

    multibusiness

  54. ko' saiia seneng iia baca komen pertama dari inul itu :) hihihihihih..

    genial

  55. Wah aku baru tau penjelasan detailnya biasanya cuma tinggal menggunakan doank Sob hhe....muakasih nie ilmu'y......

    Ferdinand

  56. cuitttt. cuitttt,,,,,,,,,,,, mbrikitiewww

    attayaya

  57. boz..
    kalo beda email pop am web ap y..?
    masih blom ngeti nich..

    alfi

  58. ganti nama jadi cak embun
    gantinya pake acara potong sapi apa potong kucing nih dek?

    bintang

  59. wah ternyata....lagek ngerti aku...

    Cah Ndueso

  60. Silaturahmi! Email oh email .... spam nya buanyak sekali .... jadi malas buka email!

    aura keyboard

  61. nambah ilmu ne. saya taunya cuma buka dan ngirim email aja selama ini...
    apa kabar mas?

    Pen Lab

  62. info yang sangat berguna sobat, thanks udah share ilmunya moga sukses selalu n tetap semangat

    tovarossi

  63. Nice inpo cak embun... saya punya e-mail di yahoo satu aja kadang-kadang lupa keurus :D

    Anggi Zahriyan

  64. dah bisa pake paypal
    cek inbox fb

    attayaya

  65. selama ini saya taunta cuma bikin ajah.... terus pake buat daftar bikin blog sama fesbuk hehe :D

    si Gen

  66. email..oh email...emailku makin banyak spam masuk....oh no!

    aisyah muna

  67. Met sore Mbun ^_*

    Inyunzz

  68. thx's 4 info,,,

    spa

  69. cara set hape di ponsel Nokia N 82 guimana ya kang?

    Duit Online

  70. informasinya berguna buat saya, terimakasih, ditunggu info2 bermanfaat lainnya

    Nita

  71. selama ini sering bekirim email, tapi gak ngerti Email itu apa.
    baru kali ini aku ngerti. thanks ya

    Elsa

  72. Saya punya Email.. Padahal saya sering membuka Email tersebut, namun tiba-tiba saya dapat pesan di ponsel dari 946, di situ dia mengatakan kalau Account yahoo saya di hapus.. Itu masalahnya kenapa? Dan apakah Email tersebut bisa di kembalikan lagi?

    Riqhie

  73. mungkin kebanyak orang yang tahu Email tapi terkadang tidak mengerti kegunaan Email. terima kasih infonya

    desy@jak-stik.ac.id

  74. hmmm makasih buat infonya mas...
    IT semua nih... very good...

    xamthone plus

Leave a Reply