Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

Jaringan Wireless adalah jaringan tanpa kabel yang artinya proses penyampaian data dilakukan melalui udara dengan memamfaatkan gelombang elektromagnetik. Karena menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya, maka komponen wireless yang akan Anda gunakan harus memiliki standart frekuensi yang sama. Sehingga walaupun berbeda vendor pembuatnya komponen wireless tersebut tetap dapat berkomunikasi asalkan menggunakan standar frekuensi yang sama. Standarisasi Jaringan Wireless didefinisikan oleh IEEE (institute of Electrical and Electronics Engineers) Adapun Standarisasi tersebut adalah :


Standarisasai Jaringan Wiriless :

  • IEE 802.11 Legacy yaitu standart jaringan wireless pertama yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimum 2 Mbps.
  • IEE 802.11b yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.
  • IEE 802.11a yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.
  • IEE 802.11g yaitu standart jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.
  • IEE 802.11n yaitu standart jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan dikabarkan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.

Related Post :

20 responses to "Standarisasi Jaringan Wireless"

  1. makasih sharingnya

    sukses selalu ya...

    Seiri Hanako

  2. Wah, sharing ilmunya menarik sob. Sayang, saya kurang paham masalah jaringan. hehe..

    Bahauddin Amyasi

  3. Baru tau nich... ternyata ada banyak ya jenis jaringan wiriless...
    Makasih infonya sob.

    Rock

  4. Wah, mmg ok bgt ilmu-ilmunya..

    Lilah

  5. Mantap...lanjutkan saudara....

    Maryo

  6. hmmm... gitu yo Mas, baca sambil manggut2 nih, makasih udah berbagi ilmu.

    Kang Sugeng

  7. tetep blom ngerti lebih dalam, hehe, tapi okelah nambah satu :D

    Inuel^-^

  8. sama kayak yang lain, manggut manggut ajka deh :D

    nyun's

  9. berguru tehnologi informasi kesini aaaah.....

    Elsa

  10. masih jajal yang b/g kang

    Nyubi

  11. laptop aku wifi versi apa ya?

    Mac

  12. mantaf tu di jadikan pembelajaran cz aq baru mau terjun ke dunia jaringan :D

    rhecizen

  13. Wah bagus mas infonya...

    Oh ya anda sudah saya follow...follow balik ya??hehe...

    Salam kenal n sukses selalu...

    Najibblog2010

  14. thanks for the info...

    salam,
    tfd

    Tour, Food, and Health

  15. bener2 ahli dan pakar neh... tq sharenya...

    achen

  16. nice share pak ! keep posting .. :D

    nightwalker team

  17. Thans Atas Ilmu yg Bermanfaat

    bensap

  18. membantu bget nih..thanks

    firmanp

  19. trima kasih saudara informasi nya

    bastianarema

  20. terimah ksaih sobat ilmunya

    bastianarema

Leave a Reply