Kumpulan Informasi Seputar Teknologi Informatika dan Teknik Informatika

Linus Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. ketika usianya baru 10 tahun dia sudah mulai berkecimpung dalam urusan pembuatan pemrograman computer melalui komputer Commoore VIC-20 milik kakeknya. Pada tahun 1988, Linus kuliah di University of Helsinky, Finlandia. Disana dia mulai mengenal pemrograman C. Untuk lebih memperdalam ilmunya, Linus kemudian membelil sebuah komputer yang kala itu masih menggunakan MS-DOS buatan Microsoft sebagai sistem operasinya. Tapi, kala itu Linus justru lebih tertarik pada komputer milik Universitasnya yang menggunakan sistem operasi UNIX. Ia pun coba mengembangkan sistem operasi yang memadai untuk PC UNIX. Beberapa bulan kemudian Linus berhasil membuat versi kasarnya yang diberi nama Linux. Nama Linux mungkin saja merupakan akronimdari Linus dan UNIX.

Untuk memperkenalkan sistem operasi barunya tersebut, Linus mem-posting pesan melalui internet kepada para pengguna PC di seluruh dunia. Bahkan Linus membuat software-nya untuk dapat di download secara gratis. Dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama pengembang software saat itu, dia merilis source code-nya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing.

Mengoperasikan Linux memang membutuhkan kecerdasan teknik yang cukup, sebab pengoperasiannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti Windows, Mac milik Apple komputer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji sendiri akan kualitasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagi sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash atau seperti kebanyakan orang menyebutnya dengan hang (sistem tiba-tiba berhenti).

Pada akhir tahun 1990, Linux mulai mendapatkan sambutan yang cukup besar dari pengguna PC. Bahkan para pesaing Microsoft sangat tertarik dan mulai ikut mengembangkan Linux. Perusahaan sperti Nestcafe Communication, Corel, Oracle, Intel, dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mendukung Linux sebagai alternatif sistem operasi yang murah sekaligus andal.

Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak bisa mencapai 100 dollar AS atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahunnya antara 200-300 dollar AS, uang 100 dollar AS sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang tergolong lama, dia menjadi alternatif paling cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer.

Karena keterbukaan pada sistem source codenya, banyak kelompok pengembang yang ikut memperbaiki segala fiturnya, sekaligus memindahkan berbagai aplikasi agar berjalan di Linux. Salah satu hasilnya yaitu adanya perubahan dari sistem operasi Linux yang tadinya cenderung kurang asing menjadi user friendly. Semua itu dimungkinkan berkat adanya KDE dan GNOME. Berkat kedua sistem operasi ini, tampilan desktop Linux lebih menarik dan mampu mengubah persepsi dunia tentang Linux.

Pemanfaatan sistem operasi Linux juga kini sudah diterapkan pada superkomputer dunia seperti The Tetragrid, sebuah Mega Komputer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 triliun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS – Floating Operations Per Second). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi dari masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.

Yang lainnya, yaitu Evolocity. Juga dari Amerika, sebuah komputer yang dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9.2 TeraFLOPS, menjadikannya sebagai salah satu dari lima superkomputer tercepat di dunia. Bahkan dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta corp., yang dimiliki salah satu pendirinya, Paul Allen. Di situ, Linus bekerja dalam sebuah projek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang menjadi sebuah kekuatan yang bisa menjadi sumber serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft.

Ketika mulai diperkenalkan, sistem operasi Linux tidak mempunyai logo. Para pengembang pun bertanya-tanya dan mengusulkan agar Linux diberi logo sebagai identitasnya. Kemudian terpilihlah Penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya. Logo itu dirancang oleh seniman Larry Ewing. Terpilihnya logo penguin berdasarkan pengalaman Linus pada waktu berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disana dia bertemu seekor penguin pendek yang menggigit jarinya. Kejadian lucu ini merupakan awal terpilihnya penguin sebagai logo sistem operasi ciptaannya. Hingga sekarang, logo Linux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu ini. Oleh karena itu Linus Torvalds sering di sebut sebagai Father of Linux atau Bapak-nya Linux (Penguin).
Sumber : www.kolom-biografi.blogspot.com

Related Post :

55 responses to "Linus Torvalds ( Father Of Linux )"

  1. alhamdulillah pertamaxx lagi juragan...

    cara hack facebook

  2. itulah mereka yang bisa menemukan penemuan baru dan diberi nama mereka sendiri.. kayak logo aja model Penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya.. heheh..

    keren dah..
    kapan yah ane bisa nemuin sesuatu yang itu pakai nama ane ?? mungkin Aldrix Sarung kalee yah.. hahahahah

    cara hack facebook

  3. Saya pernah pake Sushe 10 di kompi yang lama. Sayangnya hanya bisa dipake di rumah. Di kantor tetap mengalah kembali microsoft yang berperan. Akhirnya saya belum lagi pake sampe sekarang. Saya tertarik juga pake ubuntu, tapi entah kapan saya memulainya. Waktunya kehabisan ngeblog dan belajar bikin sotosop he he. Trims atas infonya. Salam :)

    arkasala

  4. namanya sesuai dg produknya ya,, bisa aja tuh org...

    roomen

  5. luar biasa...nice sharing bro.
    Btw Linkny udah saya taruk di bloglist.Makasih.

    AISHALIFE-LINE

  6. Mantap infonya...menambah pengetahuan baru tentang dunia IT... Makasih ya sob atas sharingnya..

    Salam persabatan...

    Sudino Dinoe

  7. makasih banyak atas info ini...
    sekarang saya pake Linux.

    Seti@wan Dirgant@Ra

  8. gak ngerti linux...tampak susah skali hehe

    Linda Belle

  9. aku belum pernha pake linux, dan pasti akan susah klo disuru pake itu, hiii

    mc

  10. saya pengin sih berkenalan dnegan OS linux ini tapi belum berani soalnya masih awam sekali...saya ada OSnya cuma belum berati buat default di PC makasih infonya...

    rizal

  11. busyet dah, kok ada ya orang pintar macam Linus ini.... hmmmm aq sampe sekarang gak bisa tuch operasiin Linux...... xixixixixi

    vie_three

  12. Indonesia katanya sudah mencapai 35% pengguna linux om....

    saya tahus ebabnya.. karena bis amendapatkan origin versionnya secara GRATIS...kekekkee

    kan tipikal orang kita itu... hihihih

    masichang

  13. SALAM ya hehhe
    kalo nantti menemukan mesin pencabut uban ahhh

    aaSlamDunk

  14. INi hacker handal itu ya OM ,,
    wow ,,

    putra

  15. Wah inovatif banget!

    Rumah Ide dan Cerita

  16. Beli buku linuxnya doang, sekalinya belajar susaah...

    mamah aline

  17. informasinya komplit banget nih sob... makasih ya...

    cahyadi

  18. Saya pengen juga mencoba belajar linux ini...namun kayaknya agak rumit ya..semoga para teknisinya bisa membuat yg lebih memudahkan penggunanya..

    Salam persahabatan..

    Sudino Dinoe

  19. Artikel mantap, infonya mantap.

    Newsoul

  20. siip salam kenal... sejarah linuxnya oke bro... tapi tahu nggak sih.. ternyata si linus pernah disindir oleh sang pencipta UNIX.. bahkan hampir digugat..

    Ali Mas'adi

  21. ganteng juga si linus

    attayaya

  22. Besok ya maaf mati lampu

    Munir Ardi

  23. mengapa orang masih lebih meminati windows (bajakan) daripada linux ? Linus musti belajar lagi nih :D

    sibaho way

  24. great kinda post... kang... link nya uda saiia pasang di tempat saiia... semoga akangnya sudi memasang balik link saiia.. terimakasih :)

    genial

  25. -------berkunjung---------

    *berat... saYa gak tau tg IT.... ^_^

    iiN

  26. Met malam ...kunjungan persahabatan...

    dinoe

  27. Thanks infonya ya mas,
    aku gak terlalu mengenal linux
    padahal konon linux lebih oke

    Itik Bali

  28. aduh,mas. maaf aya ga ikut itu, urlnya saya coba di google juga ga ketemu. biasanya ut aturan begitu bsa dilihat di FAQ nya

    mocca_chi

  29. Linknya dah sy pasang bro.. tukaran ya..
    linux lebih ok dripada wicrosoft. Bravo Linux !
    slam peace n good luck !

    gaelby

  30. tes 1 2 3

    siang ini kok abis makan jadi ngantuk ya?

    attayaya

  31. kunjungan sore baca rtikel tentang linux open source btw link nya anda sudah saya pasang terimakasih banyak bang

    Munir Ardi

  32. kpan ya.. aku bisa kayak dia?????????
    mupeng mode on

    **:´¯`·­»N@n£imØ«­·´¯`·**

  33. ibunya linux gagh ada ya bro :D

    rhe

  34. sering dengar tentang OS ini, ternyata orang Finlandia ya....
    begitu populer nama linux di telinga saya, namun sampai detik ini saya blm pernah nyobain os ini... pengen make tapi entah dari mana memulainya...
    sudah begitu terbiasa dengan windows..

    Abula

  35. Kunjungan pagi...happy weekend...

    Dinoe

  36. ihihhhh... doyan one republic juga ya????


    sama dunk, aku suka. cuman album barunya belum semua denger, belum ada yg betul2 gigit, cuman yg lulabby aja. baru itu...

    eh, ntu blogku juga kok ::P

    mocca_chi

  37. ealah,, ini tho kang bapaknya linux
    hehehe
    salam kenal deh ke beliau
    hohohohohoho

    yanuar catur rastafara

  38. ngeliad link nya dimana iia?!?!!?

    genial

  39. Mampir malam..met weekend

    Sudino Dinoe

  40. Baru tau....keren juga tampangnya..sekeren penemuannya.


    Maaf linknya sobat agak terlambat saya memasangnya...
    Tapi sekarang sdh berez...sila cek disini http://koleksi-osi.blogspot.com/2009/10/link-sahabat-diary-osi.html

    Terima kasih atas pengertiannya

    Osi

  41. pinguin punya karakter hidup berkelompok membangun komunitas, mungkin itu juga simbol UNIX yang merupakan open source dari satu komunitas besar di dunia pemograman.

    nice story board ;))

    TRIMATRA

  42. bingungnya dmn sob..
    udah coba daftar di blogsvertise kan ? yah emang klo untuk blogspot kek pnya ane juga.. biasane dpt job lama...

    jadi sabar aja..

    heheheh..

    aldrix

  43. Koq jenius banget ya ne bapak..pengen deh bisa seperti beliau..makasih sob atas infonya yang mantap banget

    Lia_Lovaa

  44. Wah, aku baru tahu tuh Mas...
    Ternyata Linux tuh diambil dari nama orangnya ya?

    Salam kenal dan sukses selalu!

    Bahauddin Amyasi

  45. Nyantai aja nungguin jobnya, PRof ajah sebulan baru dapet...
    Klo udah seminggu gak ada juga emai ajah BV nya....

    kasih tau PR dan alexa blog embun....

    PRof

  46. apdeeeeeeeeeeeeeet

    attayaya

  47. canggih gaann!!!!
    tapi adobe udah bisa belum ya di linux?
    ak mau ganti OS nih. tertarik antara ubuntu sama windows 7.

    ckckck.
    aku dileeemmaa~~~~
    hahahahhaa

    ada yang baru diblog ku gan. mampir yaa~~

    Andie Gokil

  48. Betapa bangga bila terlahir menjadi sosok yang bisa jadi pemikir dan pencipta seperti Linus Torvalds

    mamah aline

  49. Kunjungan siang kawan...

    Dinoe

  50. saya pengen pake linux, tapi kok susah ya rasanya cari program2nya...

    secangkir teh dan sekerat roti

  51. oalah namanya libnus tho?

    suwung

  52. linus linux.......

    think different...

    Anonymous

  53. Baru tahu nih.. ternyata bos linux itu ini toh.. makasih atas infonya sob

    Saung Web

  54. Nice Info bos kebetulan lg cari sejarah linux

    aditmaru

  55. ada yg gratis, tetep milih yg beli (???)

    riyadi

Leave a Reply